0

Kapolres Garut Membuka Kegiatan Focus Group Discussion tingkat Polres Garut TA. 2020

Polres Garut Polda Jabar – Pada hari Selasa tanggal 11 Februari 2020 sekitar pukul 10.00 WIB dengan bertempat di Hotel Bintang Redante, Jl. Raya Samarang, No.42, Kec. Tarogong Kaler Kab. Garut telah dilaksanakan kegiatan Pembukaan Focus Group Discussion (FGD) tingkat Polres Garut TA. 2020 dengan tema “Tanggap Bencana di Kab. Garut.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah S.I.K, M.I.K, Dandin 0611 Garut di wakili Kasdim 0611 Garut Mayor. Inf. Hamzah, Waka Polres Garut Kompol Abdul Kholik SH, S.I.K, Kabag Ops Polres Garut Kompol Apri Rahman SE, kasat Binmas AKP Dudu Gunawan SH, Kasat Intelkam AKP Acep Hasbullah SH, kapolsek Tarogong Kaler Ipda Asep Saepudin SH, Kasi Propam Iptu Nurdin Jaelani, kasi Humas Polres Garut Ipda Muslih, Kepala BPBD Kab. Garut Sdr. Firman Karyadin, kegiatan serta para peserta yang seluruhnya berjumlah 30 orang.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat guna mencegah terjadi bencana alam di Kab. Garut.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah S.I.K, M.I.K., berkesempatan memberikan sambutan yang intinya ,sbb;

1. Ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang bisa hadir dalam kegiatan focus group discussion tingkat Polres Garut Tahun 2020.

2. Kegiatan ini merupakan bekal kita untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat guna mencegah terjadinya bencana alam di Kab. Garut

3. Kita disini harus tanggap terkait becana alam ini dan saya harap kita bisa bersinergi antara pihak kepolisan, TNI maupun intansi terkait.

4. Bencana alam itu tidak bisa diselesaikan hanya dengan evakuasi ke tempat yang aman saja tetapi ada konsekuensi yang logis untuk bisa memberikan pelayanan kepada mereka yang mendapatkan kesusahan.

5. Di Kab. Garut terdapat 42 kecamatan dan terdiri dari 16 Kecamatan yang sering terjadi benca alam maka dari itu kita semua harus lebih tanggap terkiat dengan bencana alam tersebut.

6. Bencan alam ini tidak bisa dihindari tapi bisa di minimalisir dengan cara kita selalu menjaga lingkungan kita sendiri.

Kesimpulan hasil dari Forum Group Discussion (FGD) tersebut, adalah sbb :

1. Komitmen untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya terhadap tanggap Bencana di Kab. Garut.

2. Upaya peningkatan kemampuan masyarakat dengan diadakannya pelatihan atau sejenisnya baik oleh Polri atau intansi terkait.

3. Sosialisasi UU No_ 24 thn 2007 tentang penangulangan bencana alam.

4. Pihak BPBD akan membentuk komando penanganan darurat bencana pada saat terjadi bencana alam.

5. Pemda dan stek holder yang lain akan membuat Rencana Aksi Daerah untuk kurun waktu 3 Tahun.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah , S.Ik , M.Ik., membenarkan kegiatan tersebut selalu dilaksanakan dengan penuh seksama oleh anggotanya demi menunjang tugas Polres Garut yang memiliki moto , yakni ; cari solusi , pecahkan masalah.(ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *